Rabu, 25 Maret 2020

Cara Membuat Komunitas Sekolah dengan Edmodo (Penting untuk Kepala Sekolah)


Saat ini ketika kita semua disibukkan dengan aktivitas untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 termasuk juga di dunia di Pendidikan. Hampir semua daerah meliburkan sekolah dengan membuat program belajar di rumah. Namun kegiatan ini akan kurang maksimal tanpa ada pemantauan dari kepala sekolah atau pihak Dinas Pendidikan. Agar dapat memastikan kegiatan ini berlangsung maka pihak sekolah perlu membuat terobosan, maka salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh.
Aplikasi pembelajaran jarak jauh banyak terdapat secara gratis di dunia maya, namun disini penulis akan menjelaskan tentang Edmodo dengan membuat komunitas sekolah/diskrik. Hal ini akan bermanfaat bagi kepala sekolah untuk memantau proses pembelajaran tersebut dan pada akhirnya akan terdapat rekapan semua interaksi yang terdapat dalam komunitas sekolah tersebut.
Kalau selama ini guru-guru bapak/ibu dalam satu sekolah menggunakan Edmodo untuk kelas maya pada pembelajaran secara terpisah (sendiri-sendiri), mungkin ada baiknya kelas-kelas yang terpisah itu kita kumpulkan menjadi satu, dalam satu wadah/komunitas yang mewakili instansi/daerah anda. Pada dasarnya, Konsep Komunitas pada edmodo ini sama dengan group/kelas  yang kita gunakan selama ini (saat mendaftar ke Edmodo pertama kali). Hanya saja, Komunitas ini bisa dibilang mempunyai hierarki yang lebih tinggi dari ruang yang telah kita gunakan selama ini.

Tujuan dibuatnya komunitas pada Edmodo ini biasanya untuk mengumpulkan guru, siswa, dan orang tua yang memiliki identias sekolah/daerah yang sama. Membuat komunitas dalam Edmodo, berarti kita membuat sub domain tersendiri dari domain Edmodo berdasarkan nama sekolah/daerah/nama komunitas yang anda inginkan. Jadi Edmodo menyediakan sub domain yang bisa kita manfaatkan sebagai identitas sekolah/daerah di mana kita bernaung.
Misalnya, komunitas sekolah kami SMAN 21 Batam maka saya sebagai Admin SMAN 21 Batam, ingin membuat subdomain di Edmodo untuk E-Learning di sekolah saya, maka saya bisa membuat Subdomain dengan nama https://new.edmodo.com/school/SMAN21Batam untuk menampung ‘ruang kelas’ guru-guru SMAN 21 Batam.

Kelebihan dengan komunitas berdasarkan sekolah ini kita buat adalah memudahkan kepala sekolah sabagai admin untuk memantau semua interaksi yang terjadi pada Edmodo ini. Interaksi ini bisa antara guru dengan guru, guru dengan siswa, guru dengan orang tua dan lainnya. Pada akhirnya juga terdapat rekapan setiap aktivitas guru atau siswa.

Nah, jika anda tertarik membuat sub domain untuk Sekolah/Daerah anda menggunakan Edmodo, berikut langkah-langkahnya:
Note : sebelum melakukan registrasi ini, anda harus mempunyai account sebagai Teacher di Edmodo.
1. Bukalah situs Edmodo, ketik pada address bar http://www.edmodo.com.
2. Pilih School & District.
3. Pada Username dan Password, isilah dengan Account Edmodo anda atau sekolah anda (yang sudah dibuat sebelumnya).
4. Klik tombol Login.
5. Pada halaman Sign up for your free School/District Edmodo Web Address, isilah informasi tentang komunitas yang akan dibuat (Job Title dan Phone Number)
6. Klik tombol Sign up for School Features.
Pada halaman selanjutnya, isilah nama subdomain sekolah yang diinginkan pada isian School Subdomain, misalnya sman21batam.
Beri tanda centang pada I agree to the terms of service.
7. Klik Sign up, maka akan tampil :
8. Selanjutnya, Edmodo akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran subdomain sekolah (school) yang baru saja dilakukan. Periksalah email anda.
9. Saat itu juga, Edmodo akan memverifikasi dan pemproses pendaftaran subdomain school anda dalam beberapa hari. Proses ini biasanya membutuhkan waktu paling sedikit 1 hari.
10. Jika Edmodo menyetujui permintaan pendaftaran subdomain anda, maka Edmodo akan mengirimkan email konfirmasi bahwa subdomain sudah aktif dan bisa anda gunakan :
Pada email tersebut, terdapat informasi nama subdomain Edmodo anda yang telah aktif dan kode sekolah anda.
10. Klik Subdomain Edmodo anda (https://new.edmodo.com/school/SMAN21Batam), yang ada pada email konfirmasi tersebut untuk membuka Komunitas sekolah Edmodo anda.
11. This is it…. !!! Subdomain Edmodo anda sudah siap digunakan!!!!
Selanjutnya anda bisa mengundang semua guru di sekolah anda yang sudah menggunakan Edmodo, untuk bergabung dengan komunitas sekolah yang baru saja anda buat. Caranya dengan menginformasikan kode sekolah yang ada pada email tersebut. Gampang ‘kan???
Note : Sepanjang pengalaman saya, butuh proses yang agak lama untuk mendapatkan Subdomain di Edmodo ini. Saya mencoba mendaftar (sign up) beberapa kali, dan baru berhasil setelah 3x mendaftar. Itupun setelah saya mengirimkan email secara pribadi ke Edmodo Team, berisi permohonan supaya registrasi subdomain, di-approve.
Link Download : Panduan Edmodo Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome In Blogger dp-media

Sliding Login Dengan JQuery

Karena Blog ini terbuka untuk umum dengan mendaftar terlebih dahulu menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!